Tips Agar Puasa Tetap Bugar dan Sehat - Spesialsambat

Tips Agar Puasa Tetap Bugar dan Sehat

Tips Agar Puasa Tetap Bugar dan Sehat

Puasa adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap bulan ramadhan bagi seorang Muslim. Seperti yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya " Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".

Tinggal menghitung hari kita yang khususnya seorang muslim menyambut bulan yang penuh berkah yakni bulan ramadhan, satu bulan penuh berpuasa. Sebenarnya apa sih arti puasa yang sebenarnya ? dan bagaimana walaupun kita berpuasa seharian penuh tidak makan dan tidak minum namun tetap terlihat sehat dan bugar karena seringkali dijumpai pada bulan ramadhan orang-orang tidak bersemangat dan merasa lesu. Berikut ini ada beberapa Tips Agar Puasa Tetap Bugar dan Sehat yang dapat diterapkan saat berpuasa diantaranya ;

  • Makan Buah dan Sayur saat Sahur karena mengandung banyak mineral sehingga tubuh tidak lemas pada siang hari
  • Minum Susu dan air juga sangat dianjurkan saat sahur karena dapat mencegah dehidrasi berlebih saat berpuasa
  • Melakukan olahraga ringan ketika pagi hari, jadi selepas sahur jangan kembali ke kamar dan tidur. Anda dapat melakukan hal-hal positif seperti membaca Al-Qur'an (tadarus) kemudian setelah pagi olahraga kecil yang ringan bagi tubuh.
  • Mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah juga dapat membantu mencegah dari malas-malasan sambil menunggu waktu berbuka.
  • Ngabuburit posistif dan kreatif, istilah keren yang bisa diterapkan sambil menunggu bedug adzan
  • Menyiapkan Menu berbuka puasa yang manis dan segar karena dianjurkan sendiri oleh Nabi "Berbukalah dengan yang manis dan tidak dimasak dengan api". Kurma adalah makanan untuk membatalkan puasa yang paling baik.
  • Hindari makan dengan berlebihan saat berbuka, usahakan setelah membatalkan puasa tidak langsung makan banyak namun sholat maghrib terlebih dahulu agar perut tidak merasa terkejut setelah seharian kosong.

Demikian  Tips Agar Puasa Tetap Bugar dan Sehat yang dapat kami bagikan semoga amal Ibadah puasa kita diterima dan mendapat Pahala dari Allah Sang Maha Penyayang dan Pengasih.